Minggu, 11 Oktober 2015

Perkembangan Dan Sejarah CPU

     Perkembangan  Dan  Sejarah  CPU   


     1.Perkembangan CPU Pertama di Dunia

40 tahun yang lalu, 15 November 1971, Intel mengumumkan 4004 processor—prosesor komputer komersial pertama di dunia yang diproduksi komplit dalam bentuk chip—dan menjadi pioneer pertama dalam perkembangan CPU era digital. Federico Faggin, Stanley Mazor, dan Ted Hoff adalah sosok yang mendapat penghormatan untuk desain perangkat 4-bit ini.


Pengembangan CPU 4004 sebenarnya berasal dari LSI chipset temuan Busicom, perusahaan asal jepang, yang digunakan pada 141-PF calculators. Karena pabrikan LSI terlalu berat dan kurang tepat untuk diproduksi secara masal, maka Intel mendesain ulang chip tersebut agar sesuai dengan standar socket 16-pin.
4004 juga pengembangan CPU pertama yang menggunakan Silicon Gate Technology PMOS logic(P-type Metal-Oxide-Semiconductor logic, sebuah teknik yang juga disempurnakan oleh salah satu penemun4004, Federico Faggin, tahun 1968) dan MOS(Metal-Oxide-Silicon (MOS), yang memberikan hasil cukup mencengangkan pada waktu itu, 740KHz—yang berarti 92,000 perintah per detik.
4004 adalah varian pengembangan CPU dari keluarga LSI chips MCS-4 yang bisa digunakan pada komputer digital dengan jumlah memory yang tidak terbatas. Sementara varian lain keluarga MCS-4 adalah memories dan input/output circuits, bukan merupakan CPU komplit yang bisa disematkan pada komputer. Berikut varian lain dari keluarga MCS-3:
•  4001 adalah ROM (read-only memory)
•  4002 adalah RAM (random access memory)
•  4003 adalah “static shift register” yang digunakan untuk mengembangkan “I/O
   lines.” Contoh,untuk keyboard scanning atau untuk mengontrol printer.
•  Sementara 4004 mencakup semua dari fungsi pendahulunya, dijadikan satu
   dalam bentuk chip.
4004 saat itu dibanderol seharga $5, atau saat ini $26. Meskipun pengembangan CPU 4004 mengalami sukses—yang kemudian disusul oleh popularitas 8008 dan 8080, prosesor 8-bit— Intel saat itu masih perusahaan yang berkutat pada DRAM dan SRAM. Hal itu terus berlanjut hingga akhir era 70an dimana Intel menciptakan 8088, yang menjadi otak dari PC(Personal Cmputer IBM), dimana Intel akhirnya memutuskan untuk menjadi perusahaan microprocessors. Dan seperti yang kita tahu sekarang Intel menjadi perusahaan microprossesor raksasa. Tentu saja 4004 tidak bisa dibandingkan dengan chip modern yang ada saat ini—Sandy Bridge chips mempunyai setengah milyar transistors, sementara 4004 hanya 2300 transistor. Tetapi tanpa 4004, perkembangan CPU tidak akan sampai pada chip prosesor yang ada sekarang.


2. SEJARAH CENTRAL PROCESSING UNIT (CPU)
Central Processing Unit (CPU) atau dalam bahasa Indonesia Unit Pemroses Sentral (UPS) adalah bagian utama komputer yang berupa perangkat keras  dan merupakan “otaknya “ komputer . CPU sendiri bekerja layaknya sebuah kalkulator yang biasa kita gunakan sehari – hari untuk menghitung, namun CPU jauh lebih canggih. CPU melaksanakan instruksi dari sebuah program komputer dengan melakukan operasi aritmatika, logis, dan input / output dasar dari sistem. Istilah telah digunakan dalam industri komputer setidaknya sejak awal 1960-an. Bentuk, desain, dan implementasi dari CPU telah berubah selama sejarah mereka, tapi operasi fundamental mereka tetap sama.
Pada mesin besar, CPU memerlukan satu atau lebih papan sirkuit. Pada komputer pribadi dan workstation kecil, CPU ditempatkan dalam sebuah chip silikon tunggal yang disebut mikroprosesor. Sejak 1970-an kelas mikroprosesor CPU telah hampir sepenuhnya diambil alih semua implementasi CPU lainnya. Sirkuit CPU modern terpadu skala besar biasanya berukuran kurang dari empat sentimeter persegi, dengan ratusan pin atau logam yang saling berhubungan. Dua komponen khas dari CPU adalah logika aritmatika unit (ALU), yang melakukan operasi aritmatika dan logika, dan unit kontrol (CU), yang menjabarkan instruksi dari memori dan decode dan mengeksekusi mereka, menyerukan ALU bila diperlukan.

-PC (Personal Computer)
atau lebih di kenal dengan komputer memiliki generasi-generasi CPU(Central Processing Unit) yang berbeda – beda . Ada banyak perusahaan yang memproduksi cpu contohnya : AMD dan Intel . adalah perusahaan besar yang memproduksi CPU. Tapi disini saya akan menjelaskan tentang perkembagan processor Intel.

CPU merupakan bagian penting dalam sebuah komputer, yang berfungsi sebagai otak komputer. Tanpa adanya processor sebuah komputer tidak dapat berjalan. Processor yang ada saat ini sudah sangat cepat sekali. Tentu saja kecepatan ini mempunyai perkembangan atau sejarahnya. Sekarang kita akan menerangkan perkembangan processor. Pertama, perkembangan processor di awali oleh processor intel yang saat itu merupakan satu-satunya microprocessor yang ada. Tetapi saat ini sudah banyak processor yang dapat kita temukan.

– Microprocessor 4004 (1971)
Pada tahun 1971 intel mengeluarkan processor pertamanya yang dipakai pada mesin penghitung buscom. Ini adalah penemuan pertama mesin cerdas. Processor ini dinamakan microprocessor 4004. Mesin penghitung ini yang pertama yang meletakan semua komponen mesin hitung dalam sebuah IC.

– Microprocessor 8008 (1972)
Pada tahun 1972 intel mengeluarkan processor ini yang berkecepatan 2 kali lipat dari processor yang terdahulu. Microprocessor ini merupakan yang pertama kali menggunakan 8-bit.


– Microprocessor 8080 (1974)
Pada tahun 1974 intel mengeluarkan lagi processor terbarunya. Pada seri ini intel melakukan perubahan dari processor mp multivoltage menjadi triplevoltage. Processor ini adalah otak pertama bagi komputer yang bernama altair. Saat ini pengalamatan memori sudah sampai 64Kb. Tahun ini juga muncul processor dari produk lain seperti:
1. Mc6800 dari motorola
2. Z80 dari zilog


– Microprocessor 8086-8088 (1978)
Pada tahun1978 Intel mengeluarkan processor ini. Sebuah penjualan dalam divisi komputer terjadi pada produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai processor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel.


– Microprocessor 80286 (1982)
Empat tahun berselang intel mengeluarkan produk terbarunya yaitu processor 286. Intel 286 atau yang lebih di kenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya.


– Microprocessor Intel 80386 (1985)
Intel 386 adalah sebuah processor yang memilik 275.000 transistir yang tertanam di processor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004.



– Microprocessor Intel 80486 (1989)
Processor yang pertama kali memudahkan bebagai aplikasi yang tadinya haruus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matemmatika sehingga memperkecil beban kerja pada processor.



80486 dikeluarkan 10 April 1989 dan bekerja dua kali lebih cepat dari pendahulunya. Hal ini dapat terjadi karena penanganan perintah-perintah x86 yang lebih cepat, lebih-lebih pada mode RISC. Pada saat yang sama kecepatan bus dinaikkan, tetapi 386DX dan 486DX merupakan chip 32 bit. Sesuatu yang baru dalam 486 ialah menjadikan satu math coprocessor/prosesor pembantu matematis.
Sebelumnya, math co-processor yang harus dipasang merupakan chip 387 yang terpisah, 486 juga mempunyai cache L1 8 KB.

Processor 80486 SX


Tidak ada komentar:

Posting Komentar