Minggu, 04 Oktober 2015

SISTEM OPERASI


1.Sejarah perkembangan Sistem Operasi
     
Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yang dapat dibagi kedalam empat generasi:

Generasi Pertama (1945-1955)
Tahun 1941, seorang insinyur asal Jerman yang bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendisain pesawat terbang dan juga peluru kendali. Komputer pada Generasi pertama ini dapat dikarakteristikan dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” dalam bahasa inggrisnya adalah “machine language”. Hal ini menjadikan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah pemakaian tube vakum (yang menjadikan komputer pada masa itu tampak berukuran sangat besar) dan silinder magnetik yang berfungi untuk sebagai penyimpan data.
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.


Ciri-ciri komputer generasi pertama :

          ·  Silinder magnetik untuk menyimpan data 

          ·  Komponen yang dipergunakannya adalah tabung hampa udara
             (Vacum tube) untuk sirkuitnya.

          ·  Kapasitas penyimpanan kecil.

  Program cuma bisa dibuat dengan bahasa mesin : Assembler.
  Ukuran fisik komputer besar, memerlukan ruangan yang luas.
  Cepat panas.
  Proses kurang cepat.
  Memerlukan dya listrik yang besar.
  Orientasi pada aplikasi bisnis.

Generasi Kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

 Ciri-ciri komputer Generasi kedua :

·  Kapasitas memori utama sudah cukup besar dengan pengembangan magnetic 
   core  storage
·  Berorientasi pada bisnis dan teknik.
·  Tidak terlalu banyak mengeluarkan panas.
·  Program dapat di buat dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti
   FORTRAN COBOL, ALGOL.
·  Proses operasi sudah cepat, yaitu bisa melakukan jutaan operasi per detik.
·  Membutuhkan lebih sedikit daya listrik.
·  Mulai digunakan disk storage (penyimpanan data)


  Generasi Ketiga (1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secaraon-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user(di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).

   Ciri-ciri Komputer Generasi ketiga :

    ·  Ditemukannya IC sehingga mengubah arsitektur komputer secara 
       keseluruhan
    ·  Sudah menggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan
       suara.
    ·  Kinerja komputer menjadi lebih cepat dan tepat. Kecepatannya hampir
       10.000 kali lebih cepat dari komputer generasi pertama.
    ·  Peningkatan dari sisi software.
    ·  Kapasitas memori sudah lebih besar dari pada versi sebelumnya, dan
       dapat menyimpan ratusan ribu karakter 
    ·  Menggunakan media penyimpanan luar disket magnet
       (external disk yang sifat pengaksesan datanya secara acak (random
       access)
       dengan kapasitas 
       besar (jutaan karakter).
    ·  Pemakaian listrik lebih hemat dan lebih efisien.
    ·  Kemampuan melakukan multiprocessing dan multitasking.


     Generasi Keempat (Pasca 1980-an)
Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

   Ciri-ciri komputer Generasi keempat :

      1.  Dikembangkan komputer mikro dengan menggunakan microprocessor dan 
           semiconductor yang berbentuk chp untuk memori komputer.
      2.  Penggunaan Large Scale Integration (LSI) / Bipolar Large Scale Integration,                          yaitu pemadatan ribuan IC menjadi sebuah chip.


       Generasi  Selanjutnya
Pada generasi ini diperkenalkan Sistem Operasi yang berada dalam sebuah Sistem Operasi dan Sistem Operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti: PDA, Poket PC, Laptop, Notebook dan NetBook. Sistem Operasi jaringan virtual juga berkembang, sehingga dalam satu jaringan hanya diinstal satu buah Sistem Operasi pada perangkat Server. Pada masa ini, diperkenalkan virtualization sistem yaitu satu komputer dapat diclonning secara virtual menjadi lebih dari satu komputer (sistem operasi) yang dapat bekerja bersama-sama, Cross Platform Operating System (multiboot system) yang dapat menggabungkan dua atau lebih Sistem Operasi berbeda seperti : Linux dan Windows. Generasi ini merupakan awal tren Mobile Computing, yang perangkatnya didominasi oleh Android, iOS, Blackberry OS, Windows mobile, Windows Phone dan Symbian. Pada masa ini dikenalkan sistem iClaud (layanan komputasi awan) yaitu sistem layanan jaringan yang dipublikasikan oleh Apple Inc pada tanggal 6 Juni 2011 di San Fransisco. iCloud memungkinkan para penggunanya untuk mensinkronisasi data seperti foto, musik, dan dokumen dari perangkat satu ke perangkat lain seperti ke dalam iPhone, iPad, iPod Touch, Mac dan komputer secara otomatis pada waktu yang bersamaan.


2. Pengertian Sistem Operasi
Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Sistem operasi merupakan jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer. Tanpa sistem operasi, sistem komputer tidak lebih dari sekumpulan komponen elektronik dan komponen mekanik.
Sistem operasi bertindak seperti penterjemah antara pengguna aplikasi dengan perangkat keras. Seorang pengguna berinteraksi dengan sistem komputer melalui sebuah aplikasi, seperti aplikasi pengolah kata, permainan, atau program aplikasi lain yang dirancang untuk tujuan tertentu. Dalam menggunakan aplikasi tersebut, aplikasi tidak akan peduli bagaimana caranya pengguna memasukan informasi ke dalam aplikasi, seperti melalui keyboard. Sistem operasilah yang bertanggungjawab terhadap komunikasi antara aplikasi dengan perangkat keras.
Dalam contoh lain, ketika pengguna menggunakan sebuah aplikasi, memasukan informasi melalui keyboard, ditampilkan di monitor, disimpan pada media penyimpanan, atau kemudian dicetak di printer, semuanya diatur oleh sistem operasi. Sistem operasilah yang bertugas menangani seluruh perangkat input dan output komputer. Dengan demikian, sistem operasi memiliki kontrol penuh terhadap sumber daya perangkat keras komputer dan mempunyai penjadwalan yang sistematis mencakup perhitungan penggunaan memori, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya lainnya.


3. Fungsi Sistem Operasi

~Fungsi Dasar Sistem Operasi
Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna 5/Gambar Komponen utama sistem komputer.
Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

~Fungsi Pokok Sistem Operasi
Sistem operasi memiliki 4 (empat) fungsi pokok, yaitu:
1.Mengontrol akses perangkat keras
Sistem operasi memanajemen interakasi antara aplikasi dan perangkat keras. Untuk mengakses dan berkomunikasi dengan perangkat keras, sistem operasi perlu menginstal sebuah perangkat lunak (driver) untuk tiap komponen perangkat keras.
 
2. Manajemen file dan folder
Sistem operasi mengatur dan membuat susunan file yang tersimpan di dalam hard disk dan media penyimpanan lain.

 3. Menyediakan user interface
Sistem operasi akan menyediakan tampilan antarmuka pengguna, baik dalam bentuk baris perintah perintah (Command Line Interface - CLI) maupun dalam bentuk grafis (Graphical User Interface - GUI).

 4. Manajemen aplikasi
Sistem operasi meletakan suatu aplikasi dan memuatnya ke dalam memori (RAM) komputer. Sistem operasi menjamin setiap aplikasi mendapatkan sumber daya yang cukup. 


4. Bagian-bagian dari sistem operasi
Secara umum sistem operasi terdiri dari beberapa bagian :
  1. Mekanisme Booting yaitu meletakkan karnel kedalam memori.
  2. Karnel yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
  3. Command Interpreter atau Shell yang bertugas membaca input dari pengguna.
  4. Pustaka yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
  5. Driver untuk berinteraksi dengan hardware internal sekaligus untuk mengotrol mereka 


5.Jenis-jenis Sistem Operasi
Saat ini banyak sekali sistem operasi beredar dipasaran.namun hanya beberapa yang memiliki pengguna cukup banyak atau disebu sisitem operasi  mayoritas.sistem operasi yang banyak digunakan adalah windows dan linux untuk pc yang berbasi intel , dan untuk PC yang berbasis Mac OS maka menggunkan Macintosh. baca juga cara instal windows dan cara aktivasi windows. Selain Windows dan linux ternyata banyak juga sistem operasi yang lain, untuk menambah wawasan kita ini lah daftar nama nama sistem operasi selain windows dan linux.

a. DOS
yang merupakan singkatan dari Disk Operating System, ada bebrapa versi sistem dos diantaranya adalah MS-DOS buatan Microsoft , PC DOS buatan IBM dan DR-DOS buatan Digital Research.

b.OS/2
Sistem Operasi OS/2 dibuat oleh IBM, awalnya ditujukan untuk pemakaian komputer yang dibuat sendiri namun kini mulai disebarkan.

c. Sunsoft
Sunsoft adalah sistem opersi yang dibuat oleh Sun Microsystem Inc. Sistem ini merupakan versi interaktif UNIX

d. Sistem 6.x/7.x
Sistem Operasi ini dijalankan untuk Macintosh metode menggunakan mode GUI atau Graphical User Interface

e. Windows NT
Sistem ini dikembangkan oleh Microsoft windows

f. NextSTEF
NextSTEF adalah sistem opersi yang ditujukan untuk komputer neTX karena kecanggihanya.

g. UNIX
Unix merupakan sistem operasi yang banyak digunaka dikomputer mini atau mainframe.

2 komentar:

  1. Terima Kasih Telah Membaca Blog Saya Dan Apabila Ada Kekurangan Diharapkan Kritik Dan Saran yang Membangun :)

    BalasHapus
  2. Mohon maaf! Font colornya nggak enk dilihat sakit! Tukara aja jadi warna ptihhh. Makasih! Tunggu updatenya!

    BalasHapus